Merubah Rating System Pada Windows 7 | Cybermodifier

Merubah Rating System Pada Windows 7

Rating system pada Windows adalah sebuah nilai kinerja keseluruhan hardware pada komputer yang menggunakan system operasi windows, atau yang di sebut "Windows Experience Index". Standard nilai dihitung dengan melakukan test benchmark secara keseluruhan terhadap CPU, RAM, Graphics Video, Hard Disk, Kecepatan Transfer data dan beberapa hal lain yang menyangkut kinerja hardware. Skor yang didapat dari setiap komponen dikumpulkan menjadi satu dan kemudian digabung menjadi skor utama dari Windows Experience Index.

Setelah desktop PC, notebook atau netbook anda terinstall Windows 7, maka anda bisa langsung menggunakan Windows Experience Index. Caranya klik tombol Start, geser kursor dari mouse ke menu Computer, klik kanan Computer dan lanjutkan dengan klik Properties. Pada bagian System, anda akan melihat tulisan Rating: System rating is not available.
Selanjutnya, klik link System rating is not available dan anda akan masuk pada jendela Rate and improve your computer’s performance. Untuk memulai melakukan pengujian hardware, klik tombol Rate this computer.
Proses penilaian memerlukan waktu beberapa menit dan pada beberapa kali kesempatan layar akan berkedip. Jangan panik karena itu merupakan proses normal untuk mengetes kualitas video graphics dari komputer, notebook maupun netbook anda.
Setelah proses selesai, system akan menyajikan skor hasil dari proses pengujian yang telah anda lakukan. Dapat anda lihat, berapa nilai skor dari hardware yang sedang anda gunakan.

Windows Experience Index

Disini saya akan mencoba menjelaskan cara merubah nilai/rating dari Windows Experience Index pada Windows 7 tanpa merubah/menambah hardware yang sudah ada. berikut langkah-lanhkahnya :

1. Buka Progam Run pada komputer anda (Tombol Win+R), kemudian ketik C:\Windows\performance\WinSAT\DataStore lalu OK


2. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini :


kemudian cari file yang bernama " Formal.Assessment(Initial).WinSAT " , misalnya terdapat lebih dari satu file yang sama maka pilih yang Date modified paling akhir, dan buka menggunakan Notepad atau text editor lainya.

3. Setelah file terbuka dengan notepad kemudia cari tulisan <WinSPR> ,untuk lebih mudahnya bisa dengan tekan ctrl+F dan ketikkan <WinSPR> ,lalu Find Next.


Lihat deretan text di sisi nya yaitu <WinSPR><SystemScore>3<MemoryScore>, perhatikan angka 3 disini merupakan nilai System Score atau Windows Experience Index,ini saya contohkan pada komputer saya mungkin nilainya berbeda pada komputer anda, dan ini yang akan kita ganti nilainya. ok, kemudian ganti angka 3 disini dengan 7,9. kemudian save atau replace file, bila tidak bisa di replace maka simpan dulu di tempat lain misalnya di drive D:\  . Hapus file Formal.Assessment(Initial).WinSAT yang ada di C:\Windows\performance\WinSAT\DataStore, dan copy pastekan file yang kita simpan di drive D:\ tadi di tempat yang sama.

4. Untuk melihat hasilnya silahkan klik tombol Start, geser kursor dari mouse ke menu Computer, klik kanan Computer dan lanjutkan dengan klik Properties. lihat hasilnya...


Cukup Mudah bukan? tapi perlu di ingat bukan berarti setelah merubah Score System Windows Experience Index ini lalu komputer kita performanya jadi bertambah, untuk menjadikan performa komputer meningkat anda tetap harus mengupgarde hardware yang sudah ada.
Mudah-mudahan cukup bermanfaat bagi sobat semuanya, bila belum jelas silahkan tuliskan komentar anda di bawah artikel ini. Terimakasih...


Category Article tipstrick, windows

8 Responses to “Cybermodifier”

What's on Your Mind...