Cara Installasi Program Java Pada Komputer Windows | Cybermodifier

Cara Installasi Program Java Pada Komputer Windows

Cybermodifier.com | Pada postingan terdahulu saya telah mengajak Anda mengenal Sekilas Tentang Bahasa pemrograman dan sebelum lebih jauh mempelajari pemrograman bahasa Java maka yang perlu disiapkan adalah menginstal software pendukung pada komputer kita. Yaitu software Java jdk-6u13-windows-i586-p atau yang lebih baru. untuk mendownload versi baru software ini silahkan klik disini.
Setelah Anda berhasil mendownload softwarenya maka,lakukan installasi seperti menginstal software biasanya. Agar program Java berjalan dengan baik, langkah selanjutnya harus membuat PATH. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka windows explorer > klik drive dimana Anda menginstal program Java tadi. misalnya Saya menginstalnya di drive C:\

2. Kemudian klik Program Files\Java\jdk1.7.0_02\bin . Nama folder jdk1.7.0_02 kemungkinan bisa sedikit berbeda tergantung versi Java berapa yang Anda instal.

3. Perhatikan pada address Windows ,copy isi address tersebut, jika pada komputer saya : C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_02\bin




4. Kemudian klik kanan My computer > pilih properties > Advanced system setting, maka akan tampil kotak dialog seperti berikut ini :


5. Pilih tab Advanced > kemudian klik " Environment Variables ". maka akan muncul kotak dialog seperti ini :


6. Klik " New " dan kemudian akan kotak dialog lagi. Isikan variable name ketik PATH dan pada variable value paste alamat yang telah Anda copy tadi ( Langkah ke 3 ) lalu klik Ok. Lihat gambar berikut :



7. Sampai langkah ini Anda sudah berhasil menambahkan PATH pada program Java yang anda instal.
Untuk memastikan program Java Anda berjalan dengan baik maka klik Pada Start Windows > Run atau dengan perintah tekan Logo Windows+R. Ketikkan  cmd , Maka akan muncul  kotak Cprompt / cmd. lalu ketikkan "  javac " ( Tanpa tanda kutip) lalu tekan enter.


8. Jika berhasil maka tampilannya seperti gambar berikut ini. dan program Java siap digunakan.


9. Bila belum berhasil, restart komputer dan coba Anda ulangi kembali langkah-langkah diatas.

Demikian cara menginstal program Java pada Windows, semoga bermanfaat dan terimakasih...


Category Article Bahasa Pemrograman, Materi Kuliah, tipstrick

2 Responses to “Cybermodifier”

What's on Your Mind...