Faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Akan Membeli Laptop | Cybermodifier

Faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Akan Membeli Laptop

Setiap hari pasar elektronik semakin dibanjiri laptop baru, dan sekarang semakin banyak model baru yang terus bermunculan. Nah, apabila Anda berkeinginan membeli sebuah laptop baru, Bagaimana cara memutuskan apa yang terbaik untuk Anda? Faktor apa yang harus dipertimbangkan saat membeli Laptop? Silakan baca artikel berikut.

Faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Akan Membeli Laptop

1. Faktor bentuk (Portabilitas)

Kriteria pertama yang perlu dipenuhi atau dipertimbangkan adalah faktor bentuk laptop Anda. Sebuah laptop yang baik dan normal harus tipis dan ringan (seperti MacBook), berat normal laptop layar lebar adalah sekitar 3-3,5 KG. Faktor lain yang harus diperhatiakan adalah kualitas dari bahan pembuatnya, apakah laptop tersebut anti gores atau tidak? nah, tentunya Anda mengiginkan laptop tersebut yang portable atau praktis, maka dari itu pilihlah laptop yang memiliki bahan tekstur Anti gores. ini akan membuat laptop terlihat tetap bersih.

2. Konfigurasi Sistem

Hal ini tergantung pada anggaran Anda, jika anggaran Anda tinggi, Anda bisa mendapatkan laptop dengan konfigurasi high-end, tetapi jika anggaran Anda rendah Anda harus berkompromi. Hal-hal utama yang harus dicari dalam konfigurasi sistem adalah Processor dan konfigurasi grafis (VGA). Komponen lain seperti RAM dan Hard Disk dapat ditangani setelah beberapa waktu ketika Anda merasa seperti Hard Disk tidak dapat memenuhi tuntutan Anda, Anda dapat membeli Hard Disk portabel baru dan jika Anda merasa memori RAM kurang, Anda dapat menggunakan salah satu pen USB drive yang dapat bekerja sebagai RAM, atau mengganti kapasitasnya yang lebih besar atau menambahkan RAM baru. Karena laptop sekarang biasanya sudah ada port tambahan untuk RAM. Jadi, saat membeli laptop tetap fokus utama Anda pada prosesor dan Konfigurasi Grafis, ambil yang terbaik menurut Anda  dan tentunya yang sesuai dengan anggaran Anda.

3. Konektivitas

Selain portabilitas dan konfigurasi, hal lain yang harus diingat adalah pilihan konektivitas, laptop harus dapat berhubungan dengan semua jenis perangkat seperti USB, Wi-Fi, LAN, dll Sebuah pilihan konektivitas yang baik dalam laptop kelas menengah adalah :
  • USB 2.0 x 2 port
  • USB3.0 x 1port
  • Port HDMI
  • Port VGA 
  • Audio Jacks
  • Port LAN
  • Wi-Fi
  • Bluetooth
  • Mendukung Kartu memori yang berbeda
  • Terdapat port RAM tambahan
  • Port charger (yang jelas)

4. Teknologi Sentuh dan ketik 

Touch screen terkadang masih menjadi masalah pada sebagian besar laptop. Hal ini sangat menjengkelkan sehingga waktu Anda ingin membeli laptop coba cek jika memang didukung oleh  teknologi sentuh ini, tetap mengandalkan teknologi keyboard dan trackpad adalah pilihan terbaik.

5. Sound (Suara)

Bila Anda membeli laptop, jangan lupa memeriksa speaker, misalnya dari kualitas suara yang di hasilkan speaker dan perusahaan yang telah memproduksi speaker tersebut. Altec Lansing speakers adalah speaker built-in terbaik untuk laptop saat ini.

6. Backup Baterai

Laptop Anda harus memiliki cadangan baterai yang baik. Saat ini laptop sudah banyak yang menggunakan baterai 6 cell dan 8 cell, jadi pastikan bahwa laptop Anda diaktifkan oleh baterai 6 atau 8 sel.

7. Hard Disk

Jika Anda mencari laptop yang baik Anda harus memeriksa untuk Hard Disk, sebaiknya hard disk memiliki kapasitas minimal antara 320-500 GB tapi jika laptop menawarkan kurang dari itu, maka tidak usah khawatiran karena Anda dapat membeli hard disk baru atau hard disk eksternal. Namun, pastikan bahwa hard disk internal minimal antara 320-500 GB dan pastikan juga kecepatan menulis dan kecepatan membaca Hard Disk harus sempurna.

8. Sistem Operasi.

Sistem operasi merupakan salah satu faktor yang paling penting yang harus dicari ketika Anda membeli laptop Anda, OS adalah satu-satunya komponen yang membuat pengalaman Anda lebih baik dengan laptop Anda. Jika Anda menyukai coding atau Anda adalah seorang penggemar open source, maka Anda harus mencari OS Linux seperti Ubuntu atau Free DOS. Namun, jika Anda tidak memiliki banyak pengetahuan tentang OS lebih baik untuk meng-instalnya Windows 7 atau 8 asli.

Berharap tips yang telah saya sampaikan bermanfaat bagi Anda sebelum membeli laptop. Jika Anda memiliki tips lainnya yang ingin Anda sarankan kepada pembaca blog ini, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Terimakasih.

"Bila Anda menyukai postingan ini jangan lupa bagikan ke teman-teman Anda ... :) "




Category Article informasi, tipstrick

What's on Your Mind...