Menjaga Akun Online Anda Tetap Aman | Cybermodifier

Menjaga Akun Online Anda Tetap Aman

Belakangan ini banyak teman yang mengeluh pada saya karena akun mereka bermasalah yaitu tidak bisa dibuka atau akunnya telah digunakan orang lain yang tidak mereka kenal. Kebanyakan terjadi pada akun Facebook dan email mereka. Mereka bercerita bahwa sudah menggunakan password yang kuat dan unik untuk mencegah hacker dari mengambil alih account onlinenya. Saya hanya bertanya apakah itu cukup? Mungkin ya tapi saya tidak bisa mengatakan yakin cukup aman, karena akun Facebook saya sendiri dulu pernah bermasalah meskipun menggunakan password yang sangat kompleks yang tidak mudah ditebak.

Menjaga Akun Online Anda Tetap Aman

Seperti kebanyakan orang lain, saya memiliki beberapa akun online, dan beberapa hari terakhir ini saya mengevaluasi keamanan dan opsi pemulihan untuk masing-masing akun tersebut. Sebagai tanggapan, saya telah mengambil beberapa langkah ekstra yang mungkin dapat membantu meningkatkan keamanan secara keseluruhan akun tersebut. Dan bila Anda setuju dengan pemikiran saya, mungkin bisa Anda terapkan langkah yang telah saya lakukan berikut ini :

1. Saya telah mengaktifkan "Selalu gunakan HTTPS" pengaturan untuk Facebook, Twitter, Gmail, Google dan semua layanan online lainnya yang mendukung HTTP aman. Hal ini sangat penting ketika mengakses Internet melalui jaringan Wi-Fi karena tanpa HTTPS, siapa saja (dan bukan hanya hacker pintar) dapat menangkap rincian login Anda menggunakan Firesheep, sebuah ekstensi Firefox yang sederhana.

2. Saya memiliki beberapa Akun Google dan semuanya sudah menggunakan 2-langkah verifikasi sekarang. Itu berarti jika seseorang mencoba untuk login ke akun Google saya dari komputer yang berbeda, mereka harus mengetik kode tambahan yang dikirim langsung ke ponsel sebagai pesan teks SMS atau melalui panggilan suara.

3. Verifikasi 2-langkah juga dapat mengingatkan Anda dari kegiatan percobaan hacking. Misal Jika saya pernah mendapatkan SMS (atau panggilan suara) dari Google dengan kode verifikasi padahal saya tidak pernah memintanya, itu adalah petunjuk langsung bahwa seseorang mengetahui password saya meskipun mereka tidak akan bisa masuk tanpa memasukkan kode verifikasi.

4. Saya telah menghubungkan nomor ponsel saya dengan account Facebook saya. Hal ini sangat penting karena saya akan mendapatkan SMS dan email peringatan setiap kali akun Facebook saya diakses dari komputer yang berbeda atau lain ponsel.

5. Saya cermati situs pihak ketiga yang memiliki akses ke rekening online saya dan mencabut akses ke semua aplikasi yang tidak diinginkan yang sudah tidak saya gunakan. Jika anda ingin melakukan hal yang sama untuk akun Anda, berikut adalah link langsung untuk Facebook, Google dan Twitter.

6. Saya membuat dua alamat email - satu adalah publik yang ditampilkan di blog sementara alamat email lain yang hanya diketahui beberapa orang terpilih. Mengapa?

a. Alamat email publik terkait dengan layanan seperti Twitter, YouTube, Facebook, Foursquare, LinkedIn, Flickr, Tumblr, Posterous, Skype dan beberapa situs sosial lain di mana saya ingin orang menemukan saya jika mereka memiliki alamat email saya di buku alamat mereka .

b. Saya menggunakan alamat email yang ke-2 untuk mendaftar layanan seperti Dropbox, Amazon, Google Apps, bank saya, layanan domain saya, komunikasi dengan kantor dan beberapa tempat lain di mana keamanan akun harus lebih kritis dan di mana saya tidak bermaksud untuk mendapatkan sosial.

7. Jika saya menguji layanan online baru, saya hampir selalu menggunakan alamat email sekali pakai untuk membuat akun, karena hanya ingin mencoba layanan tersebut. Terkadang Ada beberapa layanan online menolak alamat sekali pakai untuk mencegah pendaftaran palsu, bila seperti ini saya menggunakan email publik saya tetapi dengan nama yang lain.

8. Sesekali, saya mencoba membobol akun online yang paling penting saya untuk menguji opsi pemulihan, hal ini untuk antisipasi bila saja saya lupa password atau jika saya kehilangan akses ke alamat email sekunder atau ponsel saya hilang.

9. Berikutnya bagaimana cara mengingat dan mengatur password yang begitu banyak dan berbeda ?
Beberapa orang lebih suka menggunakan manajer password untuk menyimpan password akun mereka, tetapi saya lebih suka menggunakan dokumen 1-halaman yang saya buat sederhana untuk menyimpan informasi semua account online saya dan password yang sesuai. Kemudia File ini dilindungi dengan sandi dan saya menaruhnya di Dropbox. Jika ingin tahu cara mengunci dokumen silahkan klik disini.
Tapi saya juga memiliki hard copy dari file ini agar anggota keluarga dapat masuk ke akun saya untuk jaga-jaga apabila saya bepergian dan mereka memerlukan akses mendesak ke salah satu rekening online saya. Juga, karena mereka akan membutuhkan ponsel untuk mengakses Gmail atau akun Google, saya telah memasukkan kode verifikasi cadangan dalam dokumen yang saya cetak sendiri, sehingga account Google bisa digunakan tanpa memerlukan telepon.

10. Satu hal lagi, Jika Anda memiliki dua account email, dan tidak pernah menetapkan satu email  yang lainnya sebagai alamat (atau pemulihan) email sekunder. Apabila suatu saat salah satu account email Anda bermasalah, hacker dapat dengan mudah mengambil alih akun yang lain juga. Maka dari itu tetapkan satu email yang lainnya sebagai alamat (atau pemulihan) email sekunder saat membuat akun email baru.

Demikian sedikit pengalaman dan usaha saya untuk menjaga akun online tetap aman. Semoga bermanfaat bagi Anda dan terimakasih.

"Bila Anda menyukai postingan ini jangan lupa bagikan ke teman-teman Anda. . . :) "


Category Article informasi, tipstrick

What's on Your Mind...